Evaluasi Pelayanan Pengelolaan Sampah dengan Metode Importance Performance Analysis (Studi Kasus Kota Sendawar Kabupaten Kutai Barat)
Fajar Nur Cahya
Pelayanan pengelolaan sampah merupakan bentuk pelayanan publik yang wajib disediakan oleh pemerintah. Pelayanan pengelolaan sampah di Kota Sendawar saat ini dikelola oleh DLH Kabupaten Kutai Barat. Dalam suatu jasa pelayanan, proses evaluasi sangat dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kinerja yang sudah dicapai. Pada penelitian ini, metode yang digunakan untuk proses evaluasi adalah gap analisis (antara kondisi eksisting dengan standar normatif) dan Importance Performance Analysis (IPA), dengan 5 variabel kualitas pelayanan yaitu reliability, assurance, tangible, emphaty, dan responsiveness, kemudian 5 variabel tersebut diterjemahkan menjadi 20 atribut evaluasi.
Metode IPA dipilih karena memiliki keunggulan dari sisi efisiensi (mampu menunjukkan atribut yang harus ditingkatkan dan mengukur derajat kepuasan pelanggan), simple dan praktis (mudah untuk digunakan, menyajikan hasil analisis yang mudah untuk diinterpretasikan, dan biaya yang rendah), powerful (sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang penelitian).
Dari analisis pada penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa terjadi ketidaksesuaian antara kondisi eksisting dan standar normatif yang berlaku, yaitu dari aspek kelembagaan dan aspek teknis operasional. Dari hasil analisis IPA diketahui bahwa tingkat kesesuaian antara kinerja dan kepentingan pada sistem pengelolaan sampah di Kota Sendawar adalah 78,32%. Secara definitif artinya masyarakat menganggap kinerja pelayanan dari DLH sudah baik, walaupun ada beberapa atribut yang masih belum optimal dan harus menjadi prioritas untuk diperbaiki yaitu atribut BF2 (ketersediaan bak sampah (TPS) dan perlengkapan untuk mengangkut sampah), atribut BF4 (alat keselamatan dan kesehatan petugas pengangkut) dan atribut DT3 (Kesiapan dan ketanggapan Dinas dalam merespon keluhan masyarakat).
Kata Kunci : IPA, Evaluasi Pelayanan, Gap Analisis, Solid Waste Management