Laporan Survey Kepuasan Mahasiswa MeTSi 2023-2024
Magister Teknik Sistem telah melakukan survey kepuasan mahasiswa pada tahun 2023. Responden yang mengikuti survey sebanyak 44 mahasiswa dari 84 mahasiswa aktif (52% populasi)
Berikut ini grafik hasil data survey yang telah dilakukan
Adapun keterangan aspek penilaian adalah sebagai berikut:
- Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan
- Daya tanggap (responsiveness); kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat
- Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan
- Empati (empathy): kesediaan/ kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa
- Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasarana
Dari lima aspek penilaian, rerata penilaian sangat baik 81%, dan 19% penilaian baik. Untuk itu, sebagai upaya dapat mempertahankan dan semakin meningkatkan aspek penilaian dari mahasiswa, program studi mempunyai langkah atau upaya sebagai berikut:
- Keandalan (reliability) dengan cara mewajibkan tenaga pendidikan program studi untuk melakukan update skill dengan mengikuti berbagai pelatihan yang terkait bidang kerjanya atau sistem pelayanan prima, baik yang diselengarakan oleh unit kerja maupun dari instansi luar.
- Daya tanggap (responsiveness) dengan cara menyelenggarakan monitoring tesis oleh pengelola program studi secara periodik sebagai sarana komunikasi dengan mahasiswa terkait penyelesaian masalah akademik
- Kepastian (assurance) dengan cara menerapkan SOP untuk setiap pelayanan mahasiswa, melakukan rapat koordinasi persiapan perkuliahan dan evaluasi perkuliahan bagi dosen.
- Empati (empathy) dengan cara menyediakan waktu dan ruang untuk menerima konsultasi, masukan maupun curhat mahasiswa di ruang sekretariat atau melalui google form yang telah tersedia.
- Tangible dengan cara mengevaluasi, melengkapi dan atau meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, dengan menyesuaikan anggaran yang dimiliki dan masukan-masukan dari mahasiswa.
Selain aspek di atas, melalui survey kepuasan mahasiswa ini juga dilakukan penilaian terhadap pelayanan akademik, pelayanan kemahasiswaan, pelayanan teknologi informasi, ruang referensi dan sarana prasarana pendukung (ruang kelas, ruang diskusi mahasiswa, tempat parkir, mushola dan toilet, keamanan gedung, kebersihan lingkungan).
Secara garis besar, penilaian mahasiswa terhadap layanan di prodi MeTSi sudah bagus. namun ada beberapa saran dan masukan mahasiswa yang perlu mendapat perhatian. Saran dam masukan itu antara lain:
- Pada layanan akademik: permintaan untuk mempersingkat alur approval tesis, sistem pengurusan wisuda yang lebih simple dan efisien, peningkatan penggunaan TI dalam proses akademik
- Pada layanan kemahasiswaan: mengadakan pertemuan periodik terkait kemahasiswaan, pengadaan sarana kegiatan mahasiswa
- Pada layanan TI: perlunya pembaharuan bahan ajar video perkuliahan, walupun kuliah tatap muka diharapkan tetap menyediakan rekaman kuliah, Peningkatan kembali kapasitas cloud storage UGM, Peningkatan kemampuan peralatan untuk kuliah hybrid
- Ruang referensi: Perlunya penataan ruang yang lebih nyaman, penyediaan PC desktop untuk pencaraian referensi, penataaan ulang koleksi buku sesuai rumpun konsentrasi, menambah koleksi bacaan yang lebih variatif
- Sarana Prasarana pendukung: Perapian kabel di ruang kelas, kebersihan ruang perpustakaan, penambahan ruang diskusi atau co-working space bagi mahasiswa, meja untuk mahasiswa di kelas agar nyaman
Sebagai evaluasi dan tindak lanjut masukan mahasiswa, pengelola program studi secara bertahap melakukan langkah-langkah perbaikan sebagai berikut:
- Mengganti lantai ruang kelas dan perpustakaan dari karpet menjadi lantai granit agar lebih sehat, tidak lembab dan semakin nyaman.
- Mengganti meja kursi kelas untuk kenyamanan mahasiswa dalam menggunakan laptop saat perkuliahan.
- Memperbanyak meja kursi di selasar untuk ruang diskusi mahasiswa
- Merencanakan penataan ulang koleksi buku referensi
- Mengusulkan pengadaan PC untuk mempermudah pencarian koleksi buku koleksi maupun referensi
- Merapikan kabel-kabel di ruang kelas
- Merencanakan pembuatan co-working space bagi mahasiswa
Demikian laporan survey kepuasan mahasiswa dan langkah evaluasi dan perubahan yang diambil dengan tujuan untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaran pendidikan di MeTSi. Salam perubahan !!!