• UGM
  • FT-UGM
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Ujian Masuk UGM
  • webmail
Universitas Gadjah Mada Magister Teknik Sistem
Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Selayang Pandang
    • Visi dan Misi
    • Akreditasi
    • Konsentrasi Studi
    • Pengelola & Staf
    • Dosen Pengajar
    • Hubungi Kami
  • Admisi
    • Informasi Seputar MeTSi
    • Jadwal Pendaftaran
    • Tata Cara Pendaftaran
    • Video Tutorial Pendaftaran
    • Leaflet & Flyer MeTSi
    • Contoh Soal TPA/TOEFL
  • Akademik
    • Magister berbasis Kuliah
      • Peta Kurikulum
      • Pra Kuliah
      • Mata Kuliah Semester I
      • Mata Kuliah Semester II
      • Mata Kuliah Semester III
      • Tesis Semester IV
      • SAP
    • Magister berbasis Penelitian
      • Alur Kurikulum
      • Mata Kuliah
    • Tema Penelitian Mahasiswa
  • Alumni
    • Testimoni Alumni
    • Bidang Kerja Alumni
    • Daftar Alumni
    • Peta Sebaran Alumni
    • Layanan Legalisasi
  • Galery MeTSi
  • Tracer Study
    • Formulir
      • Tracer Study Mahasiswa
      • Tracer Study Alumni
      • Tracer Pengguna Alumni
    • Laporan
      • Laporan Survey Kepuasan Mahasiswa MeTSi
      • Laporan Tracer Lulusan MeTSi
      • Laporan Tracer Pengguna Lulusan MeTSi
  • Beranda
  • Tesis Mahasiswa
  • Studi Potensi Penghematan Energi Dalam Sistem Regenerative Braking Pada Rencana Bus Kota Studi Kasus Trans Jogja

Studi Potensi Penghematan Energi Dalam Sistem Regenerative Braking Pada Rencana Bus Kota Studi Kasus Trans Jogja

  • Tesis Mahasiswa
  • 21 May 2019, 14.20
  • Oleh: Humas
  • 0

INTISARI

Oleh: Angata Rismana

Sektor transportasi merupakan sektor yang memiliki proporsi konsumsi energi terbesar kedua di Indonesia setelah sektor rumah tangga. Berdasarkan Indonesia Energy Outlook 2017, prosentase konsumsi energi sektor transportasi mencapai 31% dari total kebutuhan dan meningkat 5,2% per tahunnya dalam kurun waktu 2010-2015.  Selain untuk menekan populasi kendaraan pribadi di Kota Yogyakarta, perbaikan sistem transportasi akan berdampak pada pengurangan konsumsi energi pada sektor transportasi dan pada akhirnya dapat menurunkan tingkat polusi dari kendaraan bermotor. Cara selanjutnya yang dapat ditempuh adalah dengan penggunaan bus berbasis listrik. Untuk mengurangi konsumsi energi total dan meningkatkan efisiensi, bus listrik memiliki sistem yang dapat menyerap rugi-rugi energi kinetik terbuang yang disebut regenerative braking system (RBS).

Penelitian ini melakukan analisis gaya mekanik terhadap potensi penghematan energi yang dapat diserap kembali melalui RBS. Dalam simulasi penggunaan bus listrik dipilih tiga jalur yang mewakili variasi kedaan jalur umum di Kota Yogyakarta, yaitu jalur Trans Jogja 1B, 3B dan 6A. Ketiga jalur diambil parameter berkendaranya di dua kondisi, saat lengang dan padat.

Hasil penelitian menunjukkan siklus data berkendara Trans Jogja jalur 1B, 3B dan 6B melakukan jumlah hentian yang memiliki perbedaan signifikan antara lengang dan padat yaitu 46, 51, 18 kali hentian; dan 77, 95, 29 kali hentian. Besar gaya yang bekerja pada bus sebesar 80.144.807 Joule, 115.468.497 Joule, 35.898.857 Joule; dan 54.608.837 Joule, 96.980.946 Joule, dan 32.159.348 Joule. Prosentase potensi penghematan energi yang dapat diserap kembali melaui RBS sebesar 17,93%, 19,31%, 18,00%; dan 18,34%, 19,75%, 18,19%. Sedangkan pada simulasi bus listrik besar prosentase penghematan energi dari RBS sebesar 18,53%, 19,94% 18,73%; dan 18,79%, 20,27%, 18,85%.

Kata kunci: bus listrik, bus ICE, konsumsi energi, potensi penghematan energi

Berita

  • Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru MeTSi Semester Genap T.A. 2025/2026
  • Iqbal Teliti Potensi Mikroalga di Nusa Tenggara sebagai Sumber Bioenergi Masa Depan
  • Lida Teliti Solusi Pengolahan Sampah di TPA Sebayar Natuna: Komposting Jadi Teknologi Prioritas
  • Guna Perkuat Pembelajaran Hidrologi Terapan dan Teknologi Pembangkit, MeTSi Kunjungi PLTA Wonogiri
  • Dari Mikroalga ke Puncak Sains: Kaprodi MeTSi FT UGM Masuk Jajaran Top 100 Engineer Indonesia 2026
Universitas Gadjah Mada

Program Studi Magister Teknik Sistem [MeTSi]
Fakultas Teknik – Universitas Gadjah Mada
Jl. Teknika Utara No. 3 Barek, Yogyakarta 55281

Telp. : (0274) 550404, 6491852
Fax. : (0274) 550405

MeTSi Official Whatsapp: +62 821-6453-8871 (WA)
Kontak Admisi : +62 811-2550-405 (Call HP/WA)
Email : metsi.ft@ugm.ac.id

© 2017 MeTSi FT-UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY