Ali Anton Senoaji
Tujuan dari penelitian yaitu menganalisis pengaruh bukaan terhadap kenyamanan termal ruang kelas pada bangunan lama dan baru, di komplek SMK Negeri 3 Yogyakarta, untuk mewujudkan kondisi tingkat kenyamanan termal ruang kelas yang terbaik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif kualitatif, yaitu membandingkan dua data hasil pengukuran bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta pada ruang kelas bangunan lama dan baru, saat posisi siswa duduk pada ketinggian 1,1 m dengan simulasi IES VE 2018.
Hasil penelitian yang menunjukkan kondisi kenyamanan termal ruang kelas terbaik diperoleh pada saat simulasi menggunakan, tipe bukaan ke atas atau Top Windows, dengan area bukaan penuh, Hasil simulasi menunjukkan distribusi aliran udara yang nyaman di dalam ruang kelas pada kecepatan angin di atas 0,15 m/det – 0,28 m/det, Temperatur 25,07o C – 27,10o C. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan pada sistem desain pasif pada bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Kata Kunci : Bukaan ruang kelas, kenyamanan termal ruang kelas, IES VE 2018