Berikut ini adalah tabulasi yang berisi infomasi tentang serba serbi Magister Teknik Sistem, kapan jadwal pendaftarannya, bagaimana panduan untuk mendaftar, video tutorial pendaftaran, info singkat berupa leaflet, serta gambaran contoh soal-soal untuk seleksi masuk.
Silakan klik pada tiap tabulasi untuk mendapatkan informasi lebih detail.
Bila ingin tahu jawabannya, silakan klik pada pertanyaan.
-
Apa sih MeTSi (Magister Teknik Sistem) itu?
-
MeTSi atau Magister Teknik Sistem merupakan Program Studi S2 antar bidang yang berada langsung dibawah Program Pascasarjana Fakultas Teknik UGM (tidak berada di bawah Departeman/Jurusan) yang misinya untuk dapat menyelesaikan permasalahan bangsa dalam bidang keteknikan. Keberadaan Magister Teknik Sistem sangat dibutuhkan dalam rangka mengantisipasi semakin kompleknya permasalahan pembangunan di Indonesia. Magister Teknik Sistem menerapkan pendekatan sistem secara holistik, sintetik dan organismik guna menyelesaikan permasalahan tersebut.
-
Apa konsentrasi/keminatan yang ada?
-
1. Teknik Sistem Energi Baru dan Terbarukan
2. Teknik Sistem Industri
3. Teknik Sistem Lingkungan -
Sudah berapa lama MeTSi berdiri?
-
MeTSi atau Magister Teknik Sistem pada awalnya adalah sebuah Minat Studi dengan nama Magister Sistem Teknik yang beroperasi sejak tahun 2002 di bawah program S2 Teknik Mesin. Kemudian pada 1 Juni 2011 meningkat statusnya menjadi Program Studi dengan nama Magister Teknik Sistem di bawah Program Pascasarjana Fakultas Teknik UGM.
-
Apa akreditasi MeTSi?
-
Setelah meningkat menjadi Program Studi sejak bulan Juni tahun 2011, pada tahun 2012 Magister Teknik Sistem mengajukan proses akreditasi ke BAN-PT, dan mendapatkan hasil akreditasi dengan peringkat B. Pada tahun 2017 mengajukan akreditasi ulang ke BAN-PT dan mendapatkan hasil akreditasi dengan peringkat A.
-
Apakah ada batasan usia untuk mendaftar di MeTSi?
-
Secara prinsip tidak ada pembatasan usia calon mahasiswa baru Magister Teknik Sistem, akan tetapi pengelola MeTSi akan melihat potensi pada calon yang sudah berusia lanjut (dikategorikan usia diatas 50 tahun).
-
Background D4 / S1 jurusan apa saja yang bisa mendaftar di MeTSi?
-
Syarat Pendaftar Program MeTSi
Berasal dari Sarjana S-1/D-4 (ilmu murni maupun pendidikan) bidang: Teknik, MIPA, Ilmu Pendidikan, Kehutanan, Pertanian, Teknologi Pertanian, Peternakan, Biologi, Geografi dan Sosio-Humaniora dari perguruan tinggi yang telah terakreditasi oleh BAN PT. -
Berapa biaya pendidikan di MeTSi dan bagaimana proses pembayarannya?
-
- Biaya pendaftaran: Rp. 500.000,-
- Biaya SPP tiap semester sebesar Rp. 11 jt. untuk Magister Reguler dan Rp. 15 jt. untuk Magister Reguler Khusus dan Magister Berbasis Riset.
- Pembayaran melalui bank-bank yang ditunjuk oleh UGM sesuai jadwal yang ditentukan.
-
Berapa lama masa studi di MeTSi?
-
Studi di MeTSi dapat diselesaikan dalam waktu 3,5 Semester atau 4 Semester
-
Gelar lulusan MeTSi?
-
Gelar lulusan Magister Teknik Sistem adalah : M.Eng. (Master of Engineeering)
-
Kapan proses pendaftaran dan tes seleksi?
-
buka : www.um.ugm.ac.id atau www.metsi.ft.ugm.ac.id
Apabila perlu penjelasan lebih lanjut bisa menghubungi bagian admisi MeTSi melalui:
Sdri. Dwi Koesmiranti (HP/WA: 0811 255 0405, email: dwi_mts@ugm.ac.id) -
Berkas apa yang dibutuhkan?
-
buka : www.um.ugm.ac.id atau www.metsi.ft.ugm.ac.id
Apabila perlu penjelasan lebih lanjut bisa menghubungi bagian admisi MeTSi melalui:
Sdri. Dwi Koesmiranti (HP/WA: 0811 255 0405, email: dwi_mts@ugm.ac.id) -
Apakah ada peluang untuk mendapatkan beasiswa ketika kuliah di MeTSi?
-
Peluang Beasiswa yang relatif rutin bisa didapatkan antara lain:
– Beasiswa Ungulan BPKLN Kemdikbud
– Beasiswa LPDP
– Beasiswa lainnya -
Dapatkah saya melihat kurikulum yang diajarkan di MeTSi?
-
Buka website: metsi.ft.ugm.ac.id, masuk menu Akademik, silakan pilih sub menu mata kuliah di tiap semester.
-
Apakah ada pra kuliah sebelum perkuliahan resmi?
-
Sebelum perkuliahan mata kuliah resmi, diadakan pra kuliah bagi semua calon mahasiswa baru (untuk program reguler dan reguler khusus) dengan materi:
– Pengantar Teknik Sistem
– Matematika dan Statistika Teknik
– Dasar-Dasar Komputasi
– Teknologi Informasi -
Apakah prakuliah sebagai syarat untuk diterima sebagai calon mahasiswa baru?
-
Prakuliah di MeTSi bukan sebagai syarat diterima tapi merupakan perkuliahan sebagai dasar pengetahuan untuk dapat mengikuti perkuliahan di Program Studi Magister Teknik Sistem.
-
Apakah ketika sedang kuliah bisa mengajukan cuti? Bagaimana prosedurnya?
-
Pada prinsipnya bisa mengambil cuti, syarat cuti:
1. Lunas SPP semester sebelumnya
2. Telah menempuh studi aktif selama 2 semester
3. Tidak sedang menerima beasiswa dari suatu instansi/lembagaAdapun Prosedurnya dengan mengajukan permohonan cuti sesuai tanggal yang telah ditentukan, diajukan sebelum registrasi semester yang akan berjalan.
-
Satu angkatan (satu kelas) berapa orang?
-
Rata-rata penerimaan mahasiswa dalam satu angkatan berkisar 15 – 25 orang.
-
Bagaimana prospek kerja lulusan dari alumni MeTSi?
-
Alumni MeTSi dapat bekerja di:
– Kementerian (ESDM, PU, Kominfo, Perumahan Rakyat)
– Pemerintah daerah (BLH, Disperindag, ESDM dll)
– Balai Besar dan Litbang (BBKKP, BB Kulit & Batik, BPPT)
– Dosen dan tenaga pendidik di berbagai sekolah dan universitas negeri maupun Swasta (UGM, UNY, UII, STTA dll)
– Perusahaan Nasional (Pertamina, Indonesia Power, Krakatau Steel dll)
– Perusahaan Swasta Nasional (PT Cola-Cola, New Armada, dll)
– Entrepreneur (StarCross Distro, Pizza Mundo, Nakamura,dll)
– LSM (Dian Desa, dll) -
Apa perbedaan antara MeTSi dan MST?
-
Magister Teknik Sistem (MeTSi) mempelajari keilmuan sistem secara umum bersifat fleksibel, sedangkan Magister Sistem Teknik (MST) mempelajari penerapan dari teknik sistem ke dalam bidang yang lebih detail, rinci. Contoh di MeTSi mempelajari tentang Energi secara umum, kemudian MST mempelajari energi dalam penerapan disalah satu sumber energi, misal Energi Mikrohidro, Energi Surya, dll
-
Sistem pembelajaran program magister apa saja yang ditawarkan di MeTSi?
-
- Program Magister Reguler (menggunakan sistem pembelajaran tatap muka di kelas senin s.d. jumat)
- Program Magister Reguler Khusus (menggunakan sistem pembelajaran hybrid /blending learning, dimana sistem pembelajaran merupakan perpaduan antara tatap muka kelas dan daring (online))
- Program Magister Berbasis Riset (menggunakan sistem pembelajaran yang menekankan pada luaran penelitian dan publikasi yang terdiri atas 1 semester kuliah, dan 3 semester penelitian). Syarat khusus untuk magister berbasis riset adalah:
- Lulusan Prodi Sarjana/D4 bidang Teknik, Sain, Agro dengan IPK ≥ 3,00 dalam skala 4 (empat) atau setara dari Program Studi terakreditasi B pada saat kelulusan pelamar;
- Memiliki nilai kemampuan akademik dengan skor minimal 450 dari lembaga yang ditentukan oleh UGM;
- Memiliki nilai kemampuan bahasa inggris dengan skor sesuai ketentuan UGM;
- Pelamar perlu menyertakan portofolio (project yang pernah dikerjakan) untuk keperluan seleksi;
- Pelamar dari lembaga penelitian (pemerintah, industri, dan swasta) yang memiliki kerjasama dengan UGM harus menyertakan dokumen MoU;
- Pelamar dari non lembaga penelitian harus mempunyai publikasi di jurnal internasional bereputasi dan pernah bekerja sebagai peneliti selama 4 tahun di grup riset/ KBK/ unit penelitian;
- Memiliki rekomendasi dari 2 orang yang mengenal pelamar dengan ketentuan:
– bagi pelamar yang sudah bekerja, rekomendasi berasal dari pimpinan institusi tempat kerja dan 1 orang lainnya berasal dari salah satu dosen saat menempuh pendidikan program sarjana; atau
– bagi pelamar yang belum bekerja atau belum memiliki institusi, rekomendasi berasal dari dua orang dosen saat menempuh pendidikan program sarjana.; - Sudah mempunyai pra-proposal penelitian;
- Lolos seleksi wawancara.
Kegiatan | Gelombang I | Gelombang II |
---|---|---|
Pendaftaran online dan unggah dokumen | 5 Oktober s.d. 10 November 2022 | 29 November s.d. 17 Januari 2023 |
Pembayaran biaya pendaftaran | Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing | |
Verifikasi Dokumen Pendaftaran | 7 Oktober s.d. 16 November 2022 | 1 Desember 2022 s.d. 22 Januari 2023 |
Tes Substansi oleh Program Studi tujuan (apabila ada) | 17 s.d. 19 November 2022 | 19 s.d. 21 Januari 2023 |
Pengumuman hasil seleksi | 29 November 2022 | 26 Januari 2023 |
Registrasi online bagi yang diterima | 30 November s.d. 3 Desember 2022 | 27 s.d. 31 Januari 2023 |
Pengumuman hasil verifikasi registrasi dan informasi besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) | 6 Desember 2022 | 1 Februari 2023 |
Periode pembayaran UKT | 6 s.d. 9 Desember 2022 | 2 - 6 Februari 2023 |
Periode KRS | 6 -10 Februari 2023 | |
Mulai Kegiatan Akademik | 13 Februari 2023 |
Video tutorial pendaftaran dapat dilihat pada tautan berikut ini: video tutorial pendaftaran
Apabila Anda berkeinginan mendapatkan contoh-contoh soal tes untuk syarat pendaftaran S2 Program Studi Magister Teknik Sistem FT UGM, yaitu TPA (Tes Potensi akademik) atau Tes PAPs (Tes Potensi Akademik Pascasarjana) dan TOEFL (Test of English as a Foreign Language) atau AcEPT (Academic English Proficiency Test) silakan melakukan percakapan (Chat) dengan bagian Admisi MeTSi pada saat staf kami onine" atau meninggalkan pesan (Mail) saat bagian Admisi kami sedang offline dengan cara membuka (klik) tautan yang berada di pojok kanan bawah pada website ini. Atau klik disini.
Apabila perlu penjelasan lebih lanjut bisa menghubungi bagian admisi MeTSi melalui:
Sdri. Dwi Koesmiranti (HP/WA : 08112550405, email: dwi_mts@ugm.ac.id)