• UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
  • Elisa
Universitas Gadjah Mada Magister Teknik Sistem
Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Selayang Pandang
    • Visi dan Misi
    • Akreditasi
    • Konsentrasi Studi
    • Pengelola & Staf
    • Dosen Pengajar
    • Hubungi Kami
  • Admisi
    • Informasi Seputar MeTSi
    • Jadwal Pendaftaran
    • Tata Cara Pendaftaran
    • Video Tutorial Pendaftaran
    • Leaflet & Flyer MeTSi
    • Contoh Soal TPA/TOEFL
  • Akademik
    • Magister berbasis Kuliah
      • Alur Kurikulum
      • Pra Kuliah
      • Mata Kuliah Semester I
      • Mata Kuliah Semester II
      • Mata Kuliah Semester III
      • Tesis Semester IV
      • SAP
    • Magister berbasis Penelitian
      • Alur Kurikulum
      • Mata Kuliah
  • Alumni
    • Testimoni Alumni
    • Bidang Kerja Alumni
    • Daftar Alumni
    • Peta Sebaran Alumni
    • Layanan Legalisasi
  • Tracer Study
    • Formulir
      • Tracer Study Mahasiswa
      • Tracer Study Alumni
      • Tracer Pengguna Alumni
    • Laporan
      • Laporan Survey Kepuasan Mahasiswa MeTSi
      • Laporan Tracer Lulusan MeTSi
      • Laporan Tracer Pengguna Lulusan MeTSi
  • Beranda
  • Tesis Mahasiswa
  • Identifikasi User Gaze Patterns Dan Elemen Visual Yang Mempengaruhi Purchase Intention Customer Pada Antarmuka Instagram Foods And Beverages Yang Diukur Dengan Eye Tracking

Identifikasi User Gaze Patterns Dan Elemen Visual Yang Mempengaruhi Purchase Intention Customer Pada Antarmuka Instagram Foods And Beverages Yang Diukur Dengan Eye Tracking

  • Tesis Mahasiswa
  • 23 April 2021, 08.45
  • Oleh: Humas
  • 0

Novia Royani

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi user gaze patterns dan elemen visual yang mempengaruhi purchase intention customer jenis produk foods and beverages pada antarmuka Instagram. Penelitian ini menggunakan sebuah alat pelacak mata untuk memeriksa urutan dari 11 partisipan (6 perempuan dan 5 laki-laki, dengan rata-rata usia 24 tahun) pada jenis produk pertama dan 10 orang (4 perempuan dan 6 laki-laki, dengan rata-rata usia 25 tahun) pada jenis produk kedua ketika melacak informasi pada halaman Instagram produk foods and beverages.

Penelitian berfokus pada halaman utama dan halaman postingan dari sebuah merek verified dan merek unverified. Halaman utama merupakan halaman profile sebuah akun di Instagram yang memuat informasi dasar seperti foto profil, nama merek, kontak, highlight dan kumpulan gambar postingan berbentuk grid. Sedangkan halaman postingan merupakan halaman yang menampilkan gambar postingan serta elemen-elemen pendukungnya seperti jumlah likes, serta caption secara terperinci.

Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, parametrik dan non parametrik. Hasil penelitian menemukan user gaze patterns tidak berbeda antara merek verified dan merek unverified. Selain itu, Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa tipe merek tidak berpengaruh terhadap atensi visual. Hasil analisis mediasi mengidentifikasi tidak ada pengaruh yang signifikan antara tipe merek dan purchase intention yang dimediasi oleh atensi visual secara langsung maupun tidak langsung pada produk makanan. Namun tipe merek teridentifikasi berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada produk minuman secara langsung namun tidak berpengaruh signifikan secara tidak langsung.

Kata Kunci: Atensi Visual, Instagram, Eye Tracking, Purchase Intention

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita

  • Ralat Pengumuman: Pendaftaran Ulang Mahasiswa untuk Semester Gasal T.A. 2025/2026
  • Sarasehan dan Temu Alumni MeTSi Lintas Generasi
  • Jadwal Ujian Akhir Semester 1 Genap T.A. 2024-2025
  • 190 Delegasi Fakultas Teknik dan Komputer UNBARA Lakukan Kuliah Lapangan ke MeTSi
  • Jadwal Ujian Akhir Semester II & III Genap T.A. 2024/2025
Universitas Gadjah Mada

Program Studi Magister Teknik Sistem [MeTSi]
Fakultas Teknik – Universitas Gadjah Mada
Jl. Teknika Utara No. 3 Barek, Yogyakarta 55281

Telp. : (0274) 550404, 6491852
Fax. : (0274) 550405
HP/WA : 0811 255 0405
Email : metsi.ft@ugm.ac.id

© 2017 MeTSi FT-UGM

Kontak

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju