Novia Royani
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi user gaze patterns dan elemen visual yang mempengaruhi purchase intention customer jenis produk foods and beverages pada antarmuka Instagram. Penelitian ini menggunakan sebuah alat pelacak mata untuk memeriksa urutan dari 11 partisipan (6 perempuan dan 5 laki-laki, dengan rata-rata usia 24 tahun) pada jenis produk pertama dan 10 orang (4 perempuan dan 6 laki-laki, dengan rata-rata usia 25 tahun) pada jenis produk kedua ketika melacak informasi pada halaman Instagram produk foods and beverages.
Penelitian berfokus pada halaman utama dan halaman postingan dari sebuah merek verified dan merek unverified. Halaman utama merupakan halaman profile sebuah akun di Instagram yang memuat informasi dasar seperti foto profil, nama merek, kontak, highlight dan kumpulan gambar postingan berbentuk grid. Sedangkan halaman postingan merupakan halaman yang menampilkan gambar postingan serta elemen-elemen pendukungnya seperti jumlah likes, serta caption secara terperinci.
Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, parametrik dan non parametrik. Hasil penelitian menemukan user gaze patterns tidak berbeda antara merek verified dan merek unverified. Selain itu, Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa tipe merek tidak berpengaruh terhadap atensi visual. Hasil analisis mediasi mengidentifikasi tidak ada pengaruh yang signifikan antara tipe merek dan purchase intention yang dimediasi oleh atensi visual secara langsung maupun tidak langsung pada produk makanan. Namun tipe merek teridentifikasi berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada produk minuman secara langsung namun tidak berpengaruh signifikan secara tidak langsung.
Kata Kunci: Atensi Visual, Instagram, Eye Tracking, Purchase Intention