• UGM
  • FT-UGM
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Ujian Masuk UGM
  • webmail
Universitas Gadjah Mada Magister Teknik Sistem
Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Selayang Pandang
    • Visi dan Misi
    • Akreditasi
    • Konsentrasi Studi
    • Pengelola & Staf
    • Dosen Pengajar
    • Hubungi Kami
  • Admisi
    • Informasi Seputar MeTSi
    • Jadwal Pendaftaran
    • Tata Cara Pendaftaran
    • Video Tutorial Pendaftaran
    • Leaflet & Flyer MeTSi
    • Contoh Soal TPA/TOEFL
  • Akademik
    • Magister berbasis Kuliah
      • Peta Kurikulum
      • Pra Kuliah
      • Mata Kuliah Semester I
      • Mata Kuliah Semester II
      • Mata Kuliah Semester III
      • Tesis Semester IV
      • SAP
    • Magister berbasis Penelitian
      • Alur Kurikulum
      • Mata Kuliah
    • Tema Penelitian Mahasiswa
  • Alumni
    • Testimoni Alumni
    • Bidang Kerja Alumni
    • Daftar Alumni
    • Peta Sebaran Alumni
    • Layanan Legalisasi
  • Tracer Study
    • Formulir
      • Tracer Study Mahasiswa
      • Tracer Study Alumni
      • Tracer Pengguna Alumni
    • Laporan
      • Laporan Survey Kepuasan Mahasiswa MeTSi
      • Laporan Tracer Lulusan MeTSi
      • Laporan Tracer Pengguna Lulusan MeTSi
  • Beranda
  • Tesis Mahasiswa
  • Arief Darmawan: Analisis Pemanfaatan Energi Pengereman Regeneratif pada Kereta Listrik Seri KFW I9000 pada Lintas Operasi Palur – Yogyakarta PP.

Arief Darmawan: Analisis Pemanfaatan Energi Pengereman Regeneratif pada Kereta Listrik Seri KFW I9000 pada Lintas Operasi Palur – Yogyakarta PP.

  • Tesis Mahasiswa
  • 23 April 2025, 18.30
  • Oleh: Humas
  • 0

Analisis Pemanfaatan Energi Pengereman Regeneratif pada Kereta Listrik Seri KFW I9000 pada Lintas Operasi Palur – Yogyakarta PP.

Arief Darmawan

Transportasi merupakan elemen krusial dalam kehidupan modern, dengan kereta rel listrik (KRL) menjadi solusi efisien untuk konektivitas perkotaan. Pembangunan jaringan KRL Yogyakarta-Solo oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian merupakan langkah strategis untuk meningkatkan mobilitas di daerah padat penduduk dan pusat aktivitas. Namun, konsumsi energi listrik yang tinggi pada operasi KRL menjadi tantangan utama. Penerapan teknologi pengereman regeneratif dan sistem penyimpanan energi menawarkan potensi signifikan untuk meningkatkan efisiensi energi.

Penelitian ini mengkaji potensi pengereman regeneratif pada sistem KRL Yogyakarta-Solo menggunakan simulasi MATLAB Simulink dengan menganalisis hubungan antara kelandaian, berat kereta, dan energi yang dihasilkan dari pengereman regeneratif, serta mengevaluasi efektivitas penggunaan baterai sebagai media penyimpan energi. Tujuan akhirnya adalah mengoptimalkan penggunaan energi, mengurangi konsumsi listrik yang sejalan dengan komitmen PT Kereta Api Indonesia terhadap kinerja berkelanjutan.

Hasil menunjukkan pemulihan energi signifikan sebesar 333,076 kWh per round trip yang dapat menghemat energi sebesar 8,67% atau Rp.107.385.934 per bulan. Dalam analisis pengadaan sistem penyimpan energi menunjukkan merek ”B” menunjukkan parameter investasi yang relatif lebih menguntungkan dengan nilai Payback Period  8 tahun 1 bulan, Internal Rate of Return 16,04%, dan mencapai Net Present Value positif pada tahun ke-8. Implementasi sistem ini berpotensi mengurangi emisi CO2 sebesar 1.937,21 ton CO2eq/tahun. Dalam proyeksi hingga tahun 2035 menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemanfaatan energi regeneratif, mencapai 9.328.793 kWh, sehingga pengereman regeneratif menawarkan potensi besar untuk meningkatkan efisiensi energi, mengurangi biaya operasional, dan meminimalkan dampak lingkungan pada kereta listrik.

Kata Kunci: Pengereman regeneratif, Kereta listrik, Transportasi berkelanjutan

 

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita

  • Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru MeTSi Semester Genap T.A. 2025/2026
  • Hibrida Biofotolisis – Elektrolisis, Optimasi Mahasiswa MeTSi untuk Proses Produksi Biohidrogen Masa Depan
  • Limbah Buah untuk Nutrisi Mikroalga, Resep Baru Menuju Net Zero Emission Ala Mahasiswa MeTSi UGM
  • “Branding Kuat Lahir dari Komunikasi, Kolaborasi, dan Integritas” (Pratiwi Damayanti)
  • Profil Alumni: Hanlivia, Buku, dan Mahakam, Tiga Dunia Bernardus Ferry yang Saling Menguatkan
Universitas Gadjah Mada

Program Studi Magister Teknik Sistem [MeTSi]
Fakultas Teknik – Universitas Gadjah Mada
Jl. Teknika Utara No. 3 Barek, Yogyakarta 55281

Telp. : (0274) 550404, 6491852
Fax. : (0274) 550405

MeTSi Official Whatsapp: +62 821-6453-8871 (WA)
Kontak Admisi : +62 811-2550-405 (Call HP/WA)
Email : metsi.ft@ugm.ac.id

© 2017 MeTSi FT-UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY