• UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
  • Elisa
Universitas Gadjah Mada Magister Teknik Sistem
Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Selayang Pandang
    • Visi dan Misi
    • Akreditasi
    • Konsentrasi Studi
    • Pengelola & Staf
    • Dosen Pengajar
    • Hubungi Kami
  • Admisi
    • Informasi Seputar MeTSi
    • Jadwal Pendaftaran
    • Tata Cara Pendaftaran
    • Video Tutorial Pendaftaran
    • Leaflet & Flyer MeTSi
    • Contoh Soal TPA/TOEFL
  • Akademik
    • Magister berbasis Kuliah
      • Alur Kurikulum
      • Pra Kuliah
      • Mata Kuliah Semester I
      • Mata Kuliah Semester II
      • Mata Kuliah Semester III
      • Tesis Semester IV
      • SAP
    • Magister berbasis Penelitian
      • Alur Kurikulum
      • Mata Kuliah
  • Alumni
    • Testimoni Alumni
    • Bidang Kerja Alumni
    • Daftar Alumni
    • Peta Sebaran Alumni
    • Layanan Legalisasi
  • Tracer Study
    • Formulir
      • Tracer Study Mahasiswa
      • Tracer Study Alumni
      • Tracer Pengguna Alumni
    • Laporan
      • Laporan Survey Kepuasan Mahasiswa MeTSi
      • Laporan Tracer Lulusan MeTSi
      • Laporan Tracer Pengguna Lulusan MeTSi
  • Beranda
  • Laporan Survey Kepuasan Mahasiswa MeTSi

Laporan Survey Kepuasan Mahasiswa MeTSi

  • 28 June 2024, 11.31
  • Oleh: Humas
  • 0

Laporan Survey Kepuasan Mahasiswa MeTSi 2023-2024

Magister Teknik Sistem telah melakukan survey kepuasan mahasiswa pada tahun 2023. Responden yang mengikuti survey sebanyak 44 mahasiswa dari 84 mahasiswa aktif (52% populasi)

Berikut ini grafik hasil data survey yang telah dilakukan

Adapun keterangan aspek penilaian adalah sebagai berikut:

  1. Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan
  2. Daya tanggap (responsiveness); kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat
  3. Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan
  4. Empati (empathy): kesediaan/ kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa
  5. Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasarana

Dari lima aspek penilaian, rerata penilaian sangat baik 81%, dan 19% penilaian baik. Untuk itu, sebagai upaya dapat mempertahankan dan semakin meningkatkan aspek penilaian dari mahasiswa, program studi mempunyai langkah atau upaya sebagai berikut:

  1. Keandalan (reliability) dengan cara mewajibkan tenaga pendidikan program studi untuk melakukan update skill dengan mengikuti berbagai pelatihan yang terkait bidang kerjanya atau sistem pelayanan prima, baik yang diselengarakan oleh unit kerja maupun dari instansi luar.
  2. Daya tanggap (responsiveness) dengan cara menyelenggarakan monitoring tesis oleh pengelola program studi secara periodik sebagai sarana komunikasi dengan mahasiswa terkait penyelesaian masalah akademik
  3. Kepastian (assurance) dengan cara menerapkan SOP untuk setiap pelayanan mahasiswa, melakukan rapat koordinasi persiapan perkuliahan dan evaluasi perkuliahan bagi dosen.
  4. Empati (empathy) dengan cara menyediakan waktu dan ruang untuk menerima konsultasi, masukan maupun curhat mahasiswa di ruang sekretariat atau melalui google form yang telah tersedia.
  5. Tangible dengan cara mengevaluasi, melengkapi dan atau meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, dengan menyesuaikan anggaran yang dimiliki dan masukan-masukan dari mahasiswa.

Selain aspek di atas, melalui survey kepuasan mahasiswa ini juga dilakukan penilaian terhadap pelayanan akademik, pelayanan kemahasiswaan, pelayanan teknologi informasi, ruang referensi dan sarana prasarana pendukung (ruang kelas, ruang diskusi mahasiswa, tempat parkir, mushola dan toilet, keamanan gedung, kebersihan lingkungan).

Secara garis besar, penilaian mahasiswa terhadap layanan di prodi MeTSi sudah bagus. namun ada beberapa saran dan masukan mahasiswa yang perlu mendapat perhatian. Saran dam masukan itu antara lain:

  1. Pada layanan akademik: permintaan untuk mempersingkat alur approval tesis, sistem pengurusan wisuda yang lebih simple dan efisien, peningkatan penggunaan TI dalam proses akademik
  2. Pada layanan kemahasiswaan: mengadakan pertemuan periodik terkait kemahasiswaan, pengadaan sarana kegiatan mahasiswa
  3. Pada layanan TI: perlunya pembaharuan bahan ajar video perkuliahan, walupun kuliah tatap muka diharapkan tetap menyediakan rekaman kuliah, Peningkatan kembali kapasitas cloud storage UGM, Peningkatan kemampuan peralatan untuk kuliah hybrid
  4. Ruang referensi: Perlunya penataan ruang yang lebih nyaman, penyediaan PC desktop untuk pencaraian referensi, penataaan ulang koleksi buku sesuai rumpun konsentrasi, menambah koleksi bacaan yang lebih variatif
  5. Sarana Prasarana pendukung: Perapian kabel di ruang kelas, kebersihan ruang perpustakaan, penambahan ruang diskusi atau co-working space bagi mahasiswa, meja untuk mahasiswa di kelas agar nyaman

Sebagai evaluasi dan tindak lanjut masukan mahasiswa, pengelola program studi secara bertahap melakukan langkah-langkah perbaikan sebagai berikut:

  1. Mengganti lantai ruang kelas dan perpustakaan dari karpet menjadi lantai granit agar lebih sehat, tidak lembab dan semakin nyaman.
  2. Mengganti meja kursi kelas untuk kenyamanan mahasiswa dalam menggunakan laptop saat perkuliahan.
  3. Memperbanyak meja kursi di selasar untuk ruang diskusi mahasiswa
  4. Merencanakan penataan ulang koleksi buku referensi
  5. Mengusulkan pengadaan PC untuk mempermudah pencarian koleksi buku koleksi maupun referensi
  6. Merapikan kabel-kabel di ruang kelas
  7. Merencanakan pembuatan co-working space bagi mahasiswa

Demikian laporan survey kepuasan mahasiswa dan langkah evaluasi dan perubahan yang diambil dengan tujuan untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaran pendidikan di MeTSi. Salam perubahan !!!

Berita

  • 190 Delegasi Fakultas Teknik dan Komputer UNBARA Lakukan Kuliah Lapangan ke MeTSi
  • Jadwal Ujian Akhir Semester II & III Genap T.A. 2024/2025
  • Selamatkan Bumi dengan Eco Enzyme, PKM MeTSi di Sendangarum
  • 137 Mahasiswa Teknik Lingkungan ITERA Lakukan Kuliah Lapangan ke MeTSi
  • Jadwal Ujian Tengah Semester I Genap 2024/2025
Universitas Gadjah Mada

Program Studi Magister Teknik Sistem [MeTSi]
Fakultas Teknik – Universitas Gadjah Mada
Jl. Teknika Utara No. 3 Barek, Yogyakarta 55281

Telp. : (0274) 550404, 6491852
Fax. : (0274) 550405
HP/WA : 0811 255 0405
Email : metsi.ft@ugm.ac.id

© 2017 MeTSi FT-UGM

Kontak

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju